Cegah Stunting, KPM Kresnomulyo Beserta UPT Puskesmas Ambarawa Lakukan Validasi Stunting

20 Maret 2021
admin
Dibaca 231 Kali
Cegah Stunting, KPM Kresnomulyo Beserta UPT Puskesmas Ambarawa Lakukan Validasi Stunting
KresnoNews - Kader Pembangunan Manusia (KPM) Pekon Kresnomulyo gelar kegiatan Validasi Stunting bertempat di Balai Pekon Kresnomulyo Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Sabtu, 20/03/21
 
Pelaksanaan kegiatan Validasi Stunting tersebut yaitu dengan pengukuran ulang tinggi badan dengan alat ukur dan metode yang terstandar, setelah itu di validasi dengan tabel WHO. Validasi stunting ini dilaksanakan oleh petugas gizi UPT Puskesmas Ambarawa beserta petugas Posyandu Desa. Adapun Sasarannya yaitu semua balita terutama balita-balita yang dilakukan pengukuran terindikasi stunting. 
 
Pengertian dari Stunting itu sendiri yaitu gangguan pertumbuhan kronis pada anak akibat kekurangan nutrisi dalam waktu lama. Anak stunting umumnya bertubuh lebih pendek dibanding anak seusianya. Seorang anak yang bertahan dengan kondisi ini, cenderung memiliki kemampuan belajar yang rendah dan lebih rentan terhadap penyakit. Penyebabnya bisa beraneka macam yaitu seperti Asupan Nutrisi Ibu, Kurangnya Asupan Makanan Sehat dan Bergizi sebagai Makanan Pendamping ASI, Kebersihan Lingkungan.
 
Adapun harapan dari kegiatan ini adalah para orangtua khususnya kaum ibu dalam memahami upaya-upaya yang dilakukan untuk mencegah stunting dan adanya komitmen bersama dari berbagai pihak yang berkepentingan dalam upaya-upaya pencegahan stunting.
 
 
*admin