PELAKSANAAN KEGIATAN UNIT PELAYANAN SOSIAL KELILING (UPSK)

24 Mei 2023
admin
Dibaca 129 Kali
PELAKSANAAN KEGIATAN UNIT PELAYANAN SOSIAL KELILING (UPSK)

KRESNONEWS - Dalam rangka untuk melaksanakan pelayanan sosial bagi Penyandang Disabilitas oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Pemerintah Provinsi Lampung untuk melaksanakan Program Rehabilitasi Sosial bagi Penyandang Disabilitas dengan kegiatan berupa Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) tahun 2023, kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Sosial Provinsi Lampung dengan bekerjasama pada Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu untuk mewujudkan pelayanan langsung pada masyarakat Penyandang Disabilitas di 9 (sembilan) Kecamatan yaitu: Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Pardasuka, Kecamatan Pringsewu, Kecamatan Pagelaran, Kecamatan Pagelaran Utara, Kecamatan Banyumas, Kecamatan Adiluwih, Kecamatan Sukoharjo, dan Kecamatan Gadingrejo.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk :

  1. Memberikan pelayanan kesehatan bagi penyandang disabilitas oleh dokter dan perawat kesehatan.
  2. Memberikan pelayanan konseling kondisi mental dan fisik Penyandang Disabilitas oleh psikolog
  3. Melaksanakan pendeteksi dini terhadap perkembangan dan pengaruh sosial bagi penyandang disabilitas oleh tenaga pekerja sosial.

Dalam upaya motivasi dan pencerahan kemandirian penyandang disabilitas untuk dapat sejahtera dalam pengembangan diri secara mandiri dan merubah pola pikir dalam bentuk membangun kepercayaan untuk memberdaya potensi dan harapan hidup yang lebih maju.

Sasaran dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut :

  1. Penyandang Disabilitas
  2. Lokasi jangkauan di 9 (sembilan) Kecamatan yaitu : Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Pardasuka, Kecamatan Pringsewu, Kecamatan Pagelaran, Kecamatan Pagelaran Utara, Kecamatan Banyumas, Kecamatan Adiluwih, Kecamatan Sukoharjo, dan Kecamatan Gadingrejo.

Hasil yang diharapkan setelah pelaksanaan kegiatan UPSK tahun 2023, agar penyandang disabilitas supaya dapat lebih mandiri dan membuka diri (inklusif) dalam lingkungan sosial maupun keluarga antara lain tentang memperhatikan kesehatan, meningkatkan kepercayaan diri (inklusif), dan dapat melakukan perbuatan yang bermanfaat bagi penyandang disabilitas.

*admin

#smartvillage #kresnomulyo #desacerdas #desaIT