Sambut Tahun Baru Islam 1445 H, Pekon Kresnomulyo Akan Adakan Istighosah Dan Hiburan Wayang Kulit

04 Juli 2023
admin
Dibaca 139 Kali
Sambut Tahun Baru Islam 1445 H, Pekon Kresnomulyo Akan Adakan Istighosah Dan Hiburan Wayang Kulit

KresnoNews - Tahun baru hijriyah diperingati dengan maksud agar umat Islam mampu mengambil i’tibar (pelajaran) dari peristiwa tersebut, baik i’tibar secara tekstual maupun secara kontekstual (maknawi). Secara tekstual, peristiwa sejarah hijrah mengandung makna bahwa umat Islam bisa melakukan perjalanan fisik dari satu daerah ke daerah lain. Hijrah fisik menjadi pilihan manakala di tempat lama umat Islam kesulitan mengembangkan inovasi, kreasi dan membangun peradabannya.

Bulan Muharram bagi umat Islam dipahami sebagai bulan Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah, yang sebelumnya bernama “Yastrib”. Sebenarnya kejadian hijrah Rasulullah tersebut terjadi pada malam tanggal 27 Shafar dan sampai di Yastrib (Madinah) pada tanggal 12 Rabiul awal. Adapun pemahaman bulan Muharram sebagai bulan Hijrah Nabi, karena bulan Muharram adalah bulan yang pertama dalam kalender Qamariyah yang oleh Umar bin Khattab, yang ketika itu beliau sebagai khalifah kedua sesudah Abu Bakar, dijadikan titik awal mula kalender bagi umat Islam dengan diberi nama Tahun Hijriah.

Memang kita bisa merasakan bedanya peristiwa penyambutan tahun baru Masehi dan tahun baru Islam (Hijriah). Tahun baru Islam disambut biasa-biasa saja, jauh dari suasana meriah, tidak seperti tahun baru Masehi yang disambut meriah termasuk oleh masyarakat muslim sendiri. Sebagai titik awal perkembangan Islam, seharusnya umat Islam menyambut tahun baru Islam ini dengan semarak, penuh kesadaran sambil introspeksi, merenungkan apa yang telah dilakukan dalam kurun waktu setahun yang telah berlalu.

Makna Tahun Baru Islam bagi Umat Muslim
1. Momentum Pergantian Tahun
2. Memperingati Nabi Muhammad SAW Hijrah
3. Semangat Perjuangan Tanpa Putus Asa
4. Bukti Betapa Maha Adilnya Allah SWT
5. Momen Muhasabah atau Intropeksi Diri
6. Momen Menuju Kebaikan
7. Pengingat akan Pentingnya Berakhlak Mulia
8. Menghindari Kultus Individu

Pemerintah Pekon Kresnomulyo Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu rencana akan selenggarakan dengan berbagai macam rangkaian acara  untuk merayakan Tahun Baru Islam 1445 H diantaranya;

Sabtu, 29 Juli 2023 pukul 08.00 sampai sore.

  • Hadroh
  • Istighosah 
  • Pengajian

Sedangkan untuk malam Minggu dilanjut acara Hiburan Wayang Kulit oleh Dalang Ki Dimas Anggit Sukendro dari Ambarawa Barat dengan lakon "KRESNA GUGAH".

 

*admin

#smartvillage #kresnomulyo #desacerdas #desadigital #desaIT