PAGELARAN WAYANG KULIT MENUTUP RANGKAIAN KEGIATAN BERSIH DESA KRESNOMULYO

13 Juli 2024
Dibaca 82 Kali
PAGELARAN WAYANG KULIT MENUTUP RANGKAIAN KEGIATAN BERSIH DESA KRESNOMULYO

KresnoNews - Bersih desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat. Ritual Bersih Desa dapat didefinisikan sebagai wujud rasa syukur warga sebuah desa atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat desa, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang. Ritual Bersih Desa sendiri biasanya dilaksanakan satu kali dalam setahun dihari tertentu seperti sering dilaksanakan pada saat memperingati tahun baru islam. Jum'at (12/07/24)

Selain itu biasanya warga juga membersihkan makam-makam yang dianggap keramat, terutama makam-makam leluhur, sosok atau tokoh yang pernah menjadi panutan masyarakat desa. Tujuan lain adalah untuk membersihkan halangan atau kesusahan yang ada (resik sukerta/sesuker) agar kehidupan seluruh warga tenang dan tenteram.

Berbagai kegiatan dilaksanakan mulai dari mengadakan kenduri, pengajian, ruwatan hingga pertunjukan wayang semalam suntuk.

Di Desa Kresnomulyo kecamatan Ambarawa kabupaten Pringsewu warga bersama perangkat desa mengadakan ritual bersih desa berupa kenduri, dilaksanakan kenduri bersama perangkat desa, lembaga desa dan warga desa. Jum'at pagi acara pengajian, sedangkan sorenya dilanjut ruwatan.

Acara penutup dilanjutkan dengan menggelar pagelaran wayang kulit semalam suntup dengan lakon Wahyu Mahkuto Romo. Acara yang dihadiri Camat Ambarawa bapak Eko Purwanto, M.Si, Anggota DPRD Kabupaten Pringsewu terpilih, serta Kepala Desa seluruh Kecamatan Ambarawa. Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar, antusias masyarakat sangat tinggi untuk melihat pagelaran wayang kulit.

Harapan kedepan agar dijauhkan dari musibah dan bencana agar kehidupan di desa Kresnomulyo Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu aman tentram damai gemah ripah lohjinawi.

*admin/hp